More Blusky Berkomitmen membuat artikel yang disukai oleh pembaca, aku sih Yes, kalau kamu?

Cara Mengurus Kartu BPJS Yang Hilang, Berikut Caranya

1 min read

Cara Mengurus Kartu BPJSYang Hilang – Untuk anda pengguna kartu BPJS maupun KIS haruslah tertib dalam menyimpan Kartu BPJS atau KIS yang anda miliki entah itu anda buat dari mandiri ataupun pemerintah, karena jika sudah hilang pastinya akan membuat kita repot ketika akan digunakan melakukan pengobatan ataupun rawat inap. Untuk faskes 1 mungkin bisa digunakan hanya dengan melihatkan kartu digital melalui aplikasi Mobile JKN, atau anda juga bisa mencetak E-ID BPJS agar bisa difungsikan sebagaimana mestinya kartu BPJS tersebut digunakan.

Namun, jika memang anda ingin kembali cetak ulang kartu bpjs yang hilang terbilang untuk sekarang ini tidaklah rumit, dimana anda tidak harus menunjukan surat kehilangan dari pihak kepolisian. Karena jika membuat surat kehilangan cukup repot juga bukan? so, apabila anda ingin coba mengurus kartu kis yang hilang simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Cara Mengurus Kartu BPJS Yang Hilang Atau Rusak

Bagi anda yang ingin mengurus kehilangan kartu BPJS ataupun rusak, anda bisa mendatangi kantor bpjs kesehatan yang ada di kota anda dengan membawa syarat-syarat yang ada dibawah ini :

  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi KTP
  • Dan, surat pernyataan kehilangan bermaterai 6000

Dengan anda membawa ketiga syarat di atas yang akan di ajukan pada kantor bpjs setempat, dna nantinya anda bisa ikuti aturan yang ada dari mulai daftar hingga masalah yang anda alami sampai kartu bjps yang baru di cetak ulang oleh kantor bpjs kesehatan.

Cara Cetak Kartu E-ID BPJS Lewat JKN Mobile

Jika cara di atas menurut anda memakan waktu banyak karena harus ke kantor bpjs, anda bisa mencoba cara yang kedua yakni dengan mencetak kartu e-id bpjs melalui jkn mobile untuk bisa mengganti kartu bpjs yang hilang maupun rusak sebagai berikut :

  • Langkah pertama anda bisa Download JKN Mobile dari Playstore dan lainnya
  • Install Aplikasi JKN Mobile
  • Masuk ke aplikasi dan silahkan anda register dahulu dengan memasukan semua data yang ada
  • Pilih untuk menu Kartu Peserta
  • Cari dan pilih gambar seperti kop surat yang ada di sebelah bawah kiri
  • Cek email yang sudah anda input sebelumya, dan pada tahap ini Kartu E-ID akan dikirimkan
  • Download file Kartu E-ID tersebut dan anda bisa print serta laminating saja.
  • Selesai

Bagaimana cukup mudah bukan? setidaknya dizaman yang serba online seperti sekarang ini hal apapun bisa anda lakukan dengan mudah melalui aplikasi dan smartphone yang kita miliki. Dan jangan biarkan anda menunda-nunda ketika anda mengalami kehilangan kartu bpjs ataupun kis, sebab untuk mengurus kehilanganya terbilang simpel dan tidak terlalu banyak makan waktu.

Akhir Kata

Itu saja informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Mengganti Kartu BPJS Yang Rusak Lewat JKN Mobile, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

More Blusky Berkomitmen membuat artikel yang disukai oleh pembaca, aku sih Yes, kalau kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *