More Blusky Berkomitmen membuat artikel yang disukai oleh pembaca, aku sih Yes, kalau kamu?

Cara Pindah BPJS Mandiri ke PBI Online Lewat HP

1 min read

Cara Pindah BPJS Mandiri ke PBI – Untuk di tahun 2020 ini ketahui bersama bahwa untuk BPJS telah mengalami kenaikan premi bulanan baik itu dari kelas 1 sampai dengan kelas 3 semuanya ada kenaikan, dan rupanya hal tersebut menjadikan bagi mereka yang memiliki bpjs mandiri banyak yang mengeluhkan dan ingin pindah bpjs mandiri ke pbi ( penerima bantuan iuran ). Perlu anda ketahui bahwa type iraun bpjs yang ada di Indonesia ini ada yang BPJS secara mandiri dalam artian dibayar oleh pribadi, dan sedangkan untuk yang BPJS PBI merupakan bantuan dari pemerintah pusat.

Mungkin sebagian masyarakat tanah air sudah banyak yang menerima BPJS PBI, karena selayaknya untuk yang BPJS PBI ini merupakan program dari kementrian bagi masyarakat yang kurang mampu dan fakir miskin seperti yang tertera pada UU SJSN. Dan adapun untuk bisa mendapatkan bantuan program bpjs dari pemerintah ini khusus bagi yang memiliki kriteria tersebut silahkan untuk mengajukan kepesertaanya dengan syarat mempunyai SKTM ( Surat Keterangan Tidak Mampu ) yang di keluarkan oleh pemerintah daerah setempat dimana anda tinggal.

Untuk yang sudah memiliki BPJS Non PBI atau mandiri pun bisa saja melakukan pindah ke yang PBI namun hanya untuk mereka yang kelas 3 saja, dan untuk yang di kelas atasnya cuma bisa turun kelas melainkan tidak bisa pindah ke bpjs yang PBI. Selain itu untuk kamar perawatan pun ketika berada di kelas 3 tidak bisa berpindah ke kelas yang lebih atas, dan jika anda ingin Pindah BPJS PBI ke Non PBI tahu akan resikonya dan berikut syarat-syarat yang bisa anda lengkapi :

Persyaratan Pindah BPJS Mandiri ke PBI

Persyaratan yang harus anda persiapkan dan anda lengkapi ketika akan melakukan pemindahan atau pindah bpjs mandiri ke yang pbi, berikut persyaratanya :

  1. KK ( Kartu Keluarga )
  2. KTP
  3. Kartu BPJS
  4. SKTM dari Desa / Kelurahan
  5. Surat rekom dari Puskesmas sesuai domisili
  • Setelah semua persyaratan di atas anda pegang, sebaiknya anda jangan langsung ke kantor bpjs setempat, melainkan anda datangi terlebih dahulu ke kantor Dinsos ( dinas sosial ) untuk laporan data yang akan dilakukan pindah bpjs tersebut. Setelah itu pihak dinsos akan menindaklanjuti untuk mengurus agar anda bisa jadi peserta PBI, dan anda bisa bawa berkas-berkas ke dinsos seperti KK, Ktp dan SKTM.
  • Jika pengajuan ke dinsos anggaran dari pemda kurang memadai, maka nantinya pihak dari Dinsos akan melanjutkan usulan pada Kemensos ( Kementrian Sosial )
  • Apabila pada anggaran APBD cukup maka pihak BPJS akan mencetak Kartu Indonesia Sehat ( KIS ) kepada anda melalui desa.
  • Selesai, anda bisa menggunakan kartu KIS tersebut untuk berobat dan lain sebagainya.

Cara Pindah Kelas BPJS Non PBI

Nah, untuk anda yang memiliki BPJS Mandiri namun ingin pindah kelas dari misalkan yang kelas 1 ke kelas 2 berikut persyaratan yang harus anda lengkapi sebagai berikut :

  • KK
  • KTP
  • Pas foto 3 x 4
  • Rekening tabungan baik itu BRI, BNI, Mandiri, BTN ( yang bank BUMN )
  • Kartu BPJS

Jika semua berkas diatas sudah anda lengkapi, sekarang tinggal datangi kantor BPJS yang ada di kota anda dan nantinya anda mengisi formulir turun kelas. Dan kami sarankan sebaiknya anda turun ke kelas 2 saja, karena jika sudah di kelas 3 kemungkinan untuk naik lagi sangatlah terbilang rumit dengan perhitungan riwayat tunggakan iuran dan lain sebagainya. Dan penurunan iuran dari kelas 1 ke kelas 2 di kisaran 50.000/orang.

Akhir Kata

Semoga apa yang kami sampaikan mengenai Cara Pindah BPJS PBI ke Non PBI ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan sampai jumpa di bahasan menarik selanjutnya.

More Blusky Berkomitmen membuat artikel yang disukai oleh pembaca, aku sih Yes, kalau kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *